6 November 2008

Bencana lumpur akibat kelalaian Lapindo



Berita ini sebenarnya sudah aku baca 1 minggu yang lalu [Jawa Pos, 31 Oktober 2008]dengan judul BENCANA LUMPUR AKIBAT KELALAIAN LAPINDO [kesimpulan 42 ahli Geologi Dunia], jelas dengan membaca judulnya saja saya bisa merasa terhibur, mengapa ? jelas dengan berita ini hati ini sekan mendapat jawaban perihal gonjang ganjing seputar bencana lumpur Lapindo yang sungguh sangat mengenaskan, betapa tidak, karena sementara pemilik lapindo mengatakan kalau kejadian tersebut adalah suatu bencana alam, dengan demikian kalau hal tersebut akibat terjadi karena bencana alam, mereka akan terhindar dari serentetan kewajiban yang menjadikan mereka harus benyak mengelurakan anggaran untuk mengganti dan merehabilitasi dampak lumpur, tetapi kalau hal tersebut diakibatkan oleh kelalaian Lapindo maka, hal ini akan menjadi lain bagi pihak Lapindo.


Dengan adanya berita yang saya baca tersebut seakan hal ini menguatkan berbagai macam pemikiran bahwa, bencana lumpur ini adalah sebagai kelalaian pihak Lapindo, dengan demikian pihak Lapindolah yang harus bertanggung jawab terhadap segala akibat yang ditimbulkannya, baik penggantian lahar yang teraliri lumpur maupun segala sesuatu yang menjadi akibatnya.
Jadi menurut hemat kami, kalau hal itu sudah dikuatkan oleh para ahlinya, janganlah pihak Lapindo masih ngotot, akan sebab terjadinya lumpur Lapindo dan dengan demikian malah semakin lama semakin mengsengsarakan penduduk sekitar lumpur khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.

3 komentar:

gakpede mengatakan...

numpang lewat,
saya membayangkan, gunung tidar itu dulu juga asalnya dari kelalaian kyai semar bikin galian sumur, mas!

ciwir mengatakan...

ada yang bilang, bahwa sebenarnya ada sebuah peta gas bumi yan dibuat jaman belanda. dan belanda nggak mau eksplorasi, sebab daerah tsb ada alur lumpur yang apabila dilakukan eksplorasi maka slah-salah akan keluar lumpurnya. Nah, itu yang oleh lapindo nggak digagas. hanya ngejar keuntungan semata, tanpa peduli sesama...

salam kenal dari magelang-kab...

Kang Eko, mengatakan...

buat : GAKPEDE ; bukan semar lalai bikin galian sumur tapi, bapak lupa nyabut.
[terima kasih tlah berkunjung]

buat CIWIR ; tenan tho mas ? aku kok penasaran dengan peta itu
[terima kasih kunjungannya]

Posting Komentar