11 Juni 2012

Semakin Mengenal Semakin Mengerti - 1 tahun SSCS

Minggu sore langit disekitar Kampung Seniman  komplek Taman Hiburan Rakyat Surabaya terlihat cerah, secerah anak-anak muda Surabaya dan sekitarnya yang hari itu sedang mengadakan acara ulang tahun 1 tahun keberadaan SAVE STREET CHILD SURABAYA ( SSCS)  ttp://sschildsurabaya.wordpress.com/di tempat ini.



Masuk ke  arena acara undangan akan melihat baliho selamat datang yang dipasang persis diatas pintu masuk arena acara itu.
Dan setelah kita memasuki selanjutnya akan disuguhi  kain putih yag dipasang memanjang yang yang berisi berbagai harapan2 dari para pengunjung dan siapa saja yg interest terhadap kegiatan SSCS ini dan memberikan support serta tanda tangannya disana, tak kalah menariknya juga disana dipasang banyak foto berbagai kegiatan yang dilakukan oleh para pengajar (kakak) demikian mereka menyebut diri sendiri di komunitasnya.

Acara hari jadi SSCS kali ini selain dihari oleh anggota mereka sendiri juga dihadiri oleh komunitas sejenis yang ada di Kota Surabaya dan sekitarnya.
Perlu kita ketahui bahwa komunitas seperti ini merupakan organisasi nirlaba atau tidak menarik keuntungan dari berbagai kegiatannya, kelompok-kelompok ini melakukan kegiatan hanya  ingin berbagai pengetahuan, mengajar untuk kelompok marginal,seperti disini, contohnya anak-anak jalanan yang sulit dan tak bisa sekolah di sekolah formal, dan mereka ( biasa kelompok mahasiswa atau sekolompok orang ) yang karena panggilan hatinya mereka mau membagi ilmunya untuk mereka-mereka yang membutuhkan.












Kelompok ini biasanya merupakan sebuah komunitas bermain, belajar dan berkarya di lingkungan mereka masing-masing.
Ada beberpa komunitas seperti diatas, seperti contohnya SANGGAR LENGGER yang yang melakuka kegiatannya di lingkungan Kali Jagir, Surabaya. komunitas RUMAH KITA, yang kegiatannya tidak jauh berbeda dengan yang disebutkan diatas.















Sebagai orang awan seperti saya ini, menghadiri kegiatan diatas setidaknya membuat hati kami trenyuh dan merasa bangga pada abak-anak muda yang mau meluangkan waktu, tenaga dan mungkin materiil untuk berbagi sedikit ilmu yang mereka punyai bagi anak-anak yang sangat membutuhkan demi tercapainya sebuah generasi yang cerdas berani, yang tidak hanya dipunyai oleh anak-anak yang mampu, tetapi juga bagi mereka anak-anak jalanan serta anak-anak dari golongan yang tidak mampu agar mereka juga memiliki hak dan masa depan di negeri ini, negeri tercinta INDONESIA.
Tulisan ini saya persembahkan untuk bidadariku CARLA DELLA CINCINATI dan kawan-kawan seperjuangan yang tergabung dalam komunitas SSCS, semoga semangat dan hati yang tulus untuk berbagi bagi orang-orang yang mebutuhkan mampu mengajari kalian menjadi anak yang lebih tulus berbagi dan memliki rasa peduli bagi sesama.

2 komentar:

Sang Nanang mengatakan...

wah selamat kang sudah mewariskan semangat berbagi kepada bidadarinya.....hmm setelah sekian lama nggak mampir di sini

Kang Eko mengatakan...

mas nanang, terimakasih, lama saya ndak nulis disini. tp di jelajah jajan saya masih aktie, kangen sedulur2 PT, kapan ya bs ketemu, salamku utk semua

Posting Komentar