24 November 2016

Bukit Kapur Jadih,Pesona di Pulau Garam

Udara siang itu panas dimana-mana apalagi di kotaku yang memang terkenal udaranya panas, tentu membuat saya sedikit gak betah dirumah, pinginnya ngadem aja, entah itu dimana yang jelas bikin saya adem.

Dutengah udara yang panas, tiba-tiba Kang Parno, kawan saya di pekerjaan telpon , dia sedang santai dan ingin mengajak saya keluar rumah, yah...pas kebeneran, langsung saja saya inget kalau pernah mengajak Kang Parno ini ke sebuah tempat wisata yang pernah dikunjungi oleh Non dan kawan-kawannya sekantor pula, dan dari foto-foto yang saya lihat tempat ini bagus dan membuat saya pingin kesana.
Akhirnya saya dan Kang Parno beserta keluarga sepakat untuk mengunjungi BUKIT KAPUR JADIH yang ada di Madura siang itu juga.
Lokasi ini berada di Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Bangkalan, Madura yang berjarak kira-kira 10 KM dari pusat kota bangkalan.
Setelah keluar dari JEMBATAN SURAMADU saya langsung menuju ke lokasi lepas dari dari perbatasan sebelum sampai di kota Bangkalan kendaraan mengarah ke kiri melewati jalan jalan  desa yang tidak begitu lebar,  sepanjang perjalanan kami selalu melihat pepohonan yang masih rimbun dikiri kanan jalan, serta banyak warung-warung bahkan toko kecil yang tersebar disepanjang jalan menuju lokasi dan sesekali kita tanya kepada warga arah ke lokasi akhirnya saya sampai di tempat tujuan.






Masuk di lokasi ini kita hanya ditarik retribusi parkir Rp. 10.000,- per mobil yang akan menuju ke lokasi.
Dilokasi ini kita akan menemukan 3 destinasi yang ada, yaitu Pertama hamparan bulit Kapur yang putih kedua, Puncak Bukit berupa hamparan rumput hijau dan ketiga, Kolam renang.
Dilokasi yang pertama ini kita akan disuguhi lokasi-lokasi penambahan kapur yang masih berlangsung dan sudah tidak diteruskan sehingga membentuk tekstur yang mempesona, seperti lokasi dibawah ini :
Beberapa lobang bekas galian yang membentuk menyerupai goa-goa yang excotis.

Bukit -Bukit sisa penambangan yang indah yang ada di lokasi ini, inilah yang menjadi daya tarik dari bukit yang ada.

Ini juga salah satu sudut yang ada di sana, lokasi ini seperti gunung yang mengapit jalan, dimana kiri kanan nya terdapat bukit kapur yang putih, indah mengapit jalan di tengahn yang menuju ke lokasi atasnya.


Sampai ditempat yang agak luas dan sedikit banyak ditumbuhi rerumputan perdu kita akan menemukan sebuah warung yang menyediakan berbagai minuman dan makan kecil yang sengaja disediakan bagi pengunjung yang haus dan pingin istirahat sejenak atau sekedar menikmati makanan ringan disini disediakn Mie gelas dan beberapa makanan yang lain termasuk beberapa macam gorengan kesukaan saya, heheheehe.....
Ditempat inilah tempat yang paling banyak dikunjungi oleh pengunjung, utamanya remaja-remaja yang ingin ber foto ria, karena selain tempatnya ini nyaman disini juga terdapat spot-spot yang bagus untuk dijadikan lokasi foto.

Selesai menikmati puncak Bukit Kapur, saya turun lagi menuju lokasi yang lain yang masih ada di Bukit Jadih yaitu utara bukit Jadih berupa KOLAM RENANG alami yang berada ditengah-tengah lokasi bukit kapur tersebut.
Orang - orang disana menyebutnya dengan Aeng Goweh Pote yang berarti Air Gua Putih, mungkin karena air yang mengalir disana berasal dari gua-gua yang ada disana yang warnanya putih.

Lokasi Pemandian ada dibawah, jadi kalau kita ingin menuju ke pemandian maka kita akan menuruni jalan ke bawah untuk sampai di lokasi ini, kita cukup membayar karcis Rp. 5.000,- maka kita akan bermain air yang bersih dan dingin sepuasnya, ditempat ini juga ada beberapa warung yang mnenyediakan berbagai minuman ringan dan makanan yang sengaja disediakan bagin para pengunjung yang kehausan atau sedikit mengganjal perut di sela-sela berenang.
Disekitar lokasi pemandian ini anda juga bisa menikmati beberapa spot yang bagus juga untuk dijadikan spot pengambilan foto, Disana terdapat lobang-lobang menyerupai goa yang secara arstitik membentuk bentukan-bentukan yang cantik.
Gua Bukit Jadih yang ada disekitar pemandian
Tak terasa kami sudah hampir lebih dari 2 jam disana, karena sudah capek dan waktunya sudah mulai sore kami segera pulang ke Surabaya.
Tapi sebelum kami keluar dari  Kota Bangkalan, saya ingin menginformasikan pula bahwa disepanjang jalan menuju Bangkalan di kiri kanan jalan kita akan menemukan banyak toko-toko yang menyediakan keranjinan BATIK MADURA, sebut saja salah satunya yang ada di kiri jalan menuju bangkalan

Jika anda penggemar batik, bolehlah anda membelinya disini, selain harganya relatif murah ternyata motoifnya menurut saya juga bagus-bagus.
Jadi jika anda berkunjung ke Bukit Jadi selain sdh menyaksikan kecantikan Bukit Kapur yang mempesona, anda juga bisa menikmati atau membeli kerajinan Batik yang indah penuh pesona.
Silahkan menjelajahi Madura.....























2 komentar:

Irawati Sutanto mengatakan...

Di Madura banyak obyek bagus ya. Sayangnya belum tereksplore. Saya pernah lho mampir di bukit Jadih ini. Aslinya bagus banget ya.

Kang Eko mengatakan...

betul mbak Ira, banyak wisata di madura belum tergarap maksimal, seperti Bukit Jadih Ini....padahal lokasi ini bagus ya...

Posting Komentar