7 Juli 2008

Cross Culture Festival 2008 itu,YOSAKOI dan REMO

Dalam rangkaian acara Cross Culture Festival 2008, Saptu 5 Juli 2008 dilaksanakan festival tari YOSAKOI dan tari REMO. Yosakoi adalah tarian tradisional Jepang yang sangat popular di negara itu, begitu juga dengan tari Remo, juga tarian tradisional yang poluler di Jawa Timur.
Festival yang dilaksanakan di Taman Bungkul di hari Saptu tersebut menarik peminat baik peserta maupun penontonnya. Tari Yosakoi yang merupakan tarian tradisional Jepang pun sangat digemari disini, buktinya ? bahwa pesertanya mencapai jumlah yang tidak sedikit yang berasal dari berbagai kelompok, pelajar, mahasiswa, perkumpulan dan lain –lain, bahkan pesertanya tidak hanya dari kota Surabaya, tetapi juga dari luar kota, seperti misalnya kelompok dari Universitas Gajah Mada – Jogyakarta ini.
Festival Yosakoi di Surabaya yang digelar dalam rangka Cross Culture Festival 2008 ini selain untuk memperingati hubungan dua negara Jepang dan Indonesia, juga mencari pemenang dari festival ini yang akan diberangkatkan di tingkat Nasional di Jakarta dan bertanding dengan para pemenang dari daerah yang lain.

Minggu siang itu, setelah penyajian tari Yosakoi selesai dilanjutkan dengan festival REMO. Seperti ferstival tari sebelumnya, festival tari Remopun tidak kalahnya meriahnya, selain pesertanya yang relatif cukup banyak banyak, juga pesertanya ini datang dari berbagai daerah disekitar Surabaya, seperti Mojokerto, Sidoarjo dan lain-lain.
Tari Remo yang merupakan tari khas Jawa Timur ini oleh beberapa kelompok seni tari di Surabaya, adalah merupakan salah satu materi tari yang diajarkan kepada muri-muridnya, sehingga tidak heran apabila dalam acara Cross Culture Festival 2008 yang dilaksanakan Saptu kemarin juga menyedot animo para peserta dari bebarapa kelompok / grup tari yang ada di Surabaya dan sekitarnya, bahkan untuk tari ini karena banyaknya peserta dari berbagai usia maka, untuk kali ini pesertanya dibagi menjadi 2 katagori, yaitu katagori dewasa dan katagori anak-anak.
Tari Remo sebagai tari selamat datang yang enerjik dan dinamis itu juga mempunyai berbagai jenis diantaranya jenis tari Remo Jugag dan Remo khas Jombangan, tapi dari gerak dan musik pengiringnya tidak begitu nampak perbedaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar