27 Februari 2009

Legenda tahun 70 an, The Gembell's

Kira-kira jam sudah menunjukkan pukul 19.30, saya sudah berada disuatu tempat, kedatanganku ke tempat ini memang sudah direncanakan satu hari sebelumnya, saya datang bersama empat temanku, dan satu teman lagi yang kebetulan juga tetangga, namun sudah bertempat tinggal di daerah lain.Temanku ini mantan personil Group Band yang cukup punya nama di tahun 70 an, khususnya di Surabaya dan sekitarnya, namanya abah MUSLIMIN, namun bagi sementara orang dan temen-temen seangkatannya beliau ini dikenal dengan nama MINTO, yang menurut cerita-cerita yang aku dapat, dia adalah eks pemegang drum pada group THE GEMBELL'S.

Abah (demikian saya biasa memanggil) hari itu sengaja mengajak kami berempat untuk sekedar melepas lelah/refresing di suatu tempat yang sudah saya tahu sebelumnya, yakni MAKAM TIME Resto Cafe, yang berada di Jl. Dinoyo, depan sebuah perguruan tinggi swasta.
Di Resto ini, setiap hari Rabu (seperti malam itu) selalu menyuguhkan live music, yang membawakan lagu-lagu tempo dulu, entah lagu Indonesia ataupun lagu-lagu barat dari beragam jenis music.
memang dilihat dari apa yang disajikan malam itu ternyata memang tempat ini cocok sekali untuk kaum dewasa ( kalau tak ingin disebut tua ) yang ingin bernostalgia dengan tembang-tembang lawas, apalagi band yang mengiringi juga sebuag kelompok Band yang juga sudah cukup beken dan punya nama dikalangan pecinta di Surabaya tempo lawas, yang sudah malang melintang di dunia hiburan malam yakni CASINO BAND.
Setelah beberapa saat kita berada didalam cafe ini, selang bebrapa lama datang dua orang dan langsung duduk bergabung dengan kita, yang kebetulan kita menempati tempat duduk di sudut sebelah belakang, saya baru mengerti, kalau yang kedatangan dua temen ini adalah atas undangan Abah lewat telpon, untuk datang ke resto ini, dan saya baru menyadari beberapa saat kemudian bahwa Abah ini sengaja memanggil seluruh teman-teman nya yang dulu bergabung di group band THE GEMBELL's itu, selain ingin melepas rindu sekalian untuk bertemu dengan dengan teman lawasnya.
Dua orang yang datang itu salah satunya adalah mas PARDI ARPIN, demikian saya baru tahu nama itu setelah Abah berbincang-bincang ganyeng dengan mereka, mas Pardi adalah pemain gitar di group ini, dan saya baru tahu bahwa beliau juga pernah bergabung di group band milik Almarhun GOMBLOH.
Suasana di dalam semakin ramai saja, tidak seperti biasanya suasana begitu ramai ( Abah sering kesini, hingga tahu betul keadaan hari-hari Rabu sebelumnya, tidak terasa meja yang tadinya suasana biasa-biasa saja bisa hangat dengan canda gurau, saling cerita, saling tanya kabar anatara Abah dengan mas Pardi ini, sungguh malam itu bisa mengobati seorang yang sudah beranjak tua terus bertemu dengan teman jaman mudanya dulu, wis ora ono entek-e.
Dan tidak seberapa lama juga datang satu teman lagi yang sengaja dipanggil oleh Abah sebelumnya, namanya mas NANU kemudian tidak lama berselang juga datang mas JAJA yang salah satu juga personil group band ini, beliau adalah pemegang kibor di akhir-akhir masa kejayaan THE GEMBELL's.
Dari awal kedatangannya mas Nanu sudah bisa saya tahu bahwa yang datang ini adalah seorang seniman penyanyi yang cukup populer dan seorang anggota group lawak SRIMULAT, yang cukup punya nama karena peran beliau di group lawak ini sebagai drakula, dan karena peran ini maka beliau menggunakan nama ALUKARD, yang kalau nama itu dibalik menjadi DRAKULA.
Mas Nanu ini, selain sebagai pemain Srimulat, dia ternyata juga seorang penyanyi yang handal, buktinya, saya sudah menyaksikan sendiri, saat dia bernyanyi malam itu, selain lagu-lagu yang dibawakannya terbilang akrab ditelinga para pengunjung,tetapi juga karena dibawakan dengan gaya dan karakter suara yang pas mas Nanu, maka sepanjang dia bernyanyi selalu mendapat tepuk tangan yang meriah dari para pengunjung malam itu.
Selain mas Nanu yang menyanyi dipanggung itu, ada beberapa penyanyi yang juga telah terlebih dahulu membawakan lagu lawas yang cukup enak didengar, dan dapat diasakan selain mereka membawakan lagu-lagunya dengan bagis, antara mereka ternyata sudah saling kenal, karena rata-rata mereka adalah para penggiat seni tahun 70 an dan sudah malang melintang di arena musik di Surabaya ini, sehingga akan nampak keakraban diantara mereka apalagi mereka juga sering datang ketempat ini jika ingin melepaskan kerinduan untuk menyanyi dan melepas kerinduan bertemu dengan teman-teman yang lain, misalnya ada seorang yang datang malam itu, dia selalu datang ketempat ini dan selalu manggung bersama home band ketika ia sekali-kali kembali ke Surabaya, dari peranatauannya di Cairo sana.
Tak terasa menikmati musik lawas malam ini membawa aku pada kenangan masa pada lagu yang cukup akrab ditelingaku tempo dulu, dan tentu disini aku juga bisa ketemu dengan orang-orang yang ingin aku ketahui, khususnya personil dari group band THE GEMBELL'S, mengapa ? karena sudah lama saya mendengar Group ini sejak dulu waktu aku masih tinggal doi kota kecil, Magelang, walaupun tidak secara khusus aku sebagai fan's beratnya, tetapi karena ternyata salah satu personilnya sudah sangat saya kenal maka, membuat saya penasaran untuk mengetahu lebih banyak personil-personil yang lain.
Sungguh malam ini menjadi hiburan yang membawa kesan tersendiri untukku, sebab ternyata bahwa saya bisa mengenal dan dekat dengan personil band THE GEMBELLS'S walau tidak seluru personilnya aku bisa berkenalan,sebab masih ada personal yang tidak bisa datang selain ada diluar kota, juga masih ada yang sedang sakit.
Saya berharap dilain kesempatan saya dapat menyaksikan THE GEMBELL'S ini komplit semua personilnya, khususnya dengan VICTOR, HARI DH,dan yang lain-lain.
semoga...........

tulisan ini aku persembahkan untuk ABAH MUSLIMIN, terima kasih telah mengajak aku datang ketempat itu dan bisa bertemu dengan teman THE GEMBELL'S, kapan ya bisa lagi dan komplt Bah ?

4 komentar:

icha mengatakan...

Wuih, asyiknya reunian..ndak request lagu, Mas?

muhamaze mengatakan...

legenda 70, saya belum lahir hehe..

salam kenal aja kang eko, saya jg cah ndeso hehe..

Kang Eko, mengatakan...

icaha : jelas request dunk, my way.....

muhamaze : slam kenal juga mas muhamaze, ndesonya mana nih....

bang ciwir mengatakan...

selamat malam pak eko...

Posting Komentar