26 Oktober 2009

Kuno dalam citra kemolekan

Sebuah bangunan atau peninggalan cagar budaya, apalagi bengunan dan peninggalan tersebut masih difungsikan sebagaimana layaknya bangunan-bangunan yang tumbuh pada jaman sekarang adalah, sebuah tindakan yang patut menjadi kebanggaan dan tauladan masyarakat.Seharusnyalah bangunan-bangunan tua ini dilestarikan dan salah satunya bisa dengan difungsikan kembali bangunan tersebut, dengan demikian dipakainya bangunan cagar budaya akan dengan sendirinya juga akan merawat bangunan yang difungsikan tersebut.




Seperti bangunan peninggalan jaman kolonial, Belanda yang aku ambil gambarnya diatas, Bangunan ini jelas peninggalan sejarah yang patut dilestarikan, dan contoh seperti inilah yang mungkin bisa kita jadikan acuan bagi pemerintah dalam rangka menjaga dan melestarikan peninggalan-peninggalan jaman dahulu, sebab dalam pikiran saya apabila, pemerintah mengharuskan bangunan-bangunan yang layak di fungsikan untuk kemudian menjadikannya sebuah bangunan yang memiliki fungsinya dan secara otomatis akan merawat keberadaan banguna bersejarah itu.
Bangunan diatas salah satu dari beberapa bangunan kuno yang masih dapat difungsikan keberadaannya.Bangunan tersebut kini telah difungsikan sebagai kantor sebuah bank swasta yang ada di Surabaya.
Melihat keadaan sekarang dimana bangunan ini selain menyimpan sejarah tersendiri dan merupakan bangunan cagar budaya tampak terawat dan mesih menyisakan sebuah keelokan sebuah bangunan kuno maka dengan sendirinya akan memiliki rasa kebanggaan.
Sungguh secara pribadi, saya ingin bangunan cagar budaya yang masih tersisa dan masih bisa difungsikan, dapatnya di rawat seperti yang saya sebutkan diatas.
Apakah saudara-saudara juga bangga pada bangunan cagar budaya yang telah difungsikan kembali dan menambah cantiknya sebuah kota pahlawan ?

3 komentar:

IKHSAN mengatakan...

sayang kalau nggak di gunakan, walaupun kuno

nahdhi mengatakan...

Seperti BI di Jogja....

Kang Eko mengatakan...

@Ikhsan : memang sayang kalau tidak difungsikan
@Nahdhi : mirip, tapi kalau kita lebih jeli ada perbedaan gaya arsitekturnya pada kedua bangunan tersebut.

pf: salam bala tidar

Posting Komentar