10 November 2009

Ketemu juga dengan The Gembell's

Pada bulan Februari tahun ini saya pernah menulis tentang pertemuan saya dengan beberapa personil band legendaris tahun 70 an, THE GEMBELL'S.
Pertemuan beberapa bulan yang lalu itu hanya sebuah pertemuan yang tidak disengaja, dan saat itu kami tidak bisa menyaksikan mereka menjajal kepiawaian mereka melantunkan lagu-lagu yang legendaris saat itu, selain karena mereka bertemu hanya ketemu dengan tidak sengaja, juga karena personil yang datang tidaklah utuh semua, kami saat itu hanya bertemu dengan Minto, Jaja dan Pardi Arpin jadi tidaklah semuanya saat itu bisa saya saksikan mereka berkumpul secara utuh.


foto bersam dengan cak Victor Nasution

Kesukaan saya pada The Gembell's seperti apa yang telah saya tulis di edisi yang lalu, bahwa hanya karena salah prsonilnya yang secara kebetulan adalah sahabat saya dan saya sering bertemu, maka dengan tidak sengaja dari obrolan dan ajakan Abah, membuat saya dengan secara tidak langsung mengetahui keberadaan band legendaris kota pahlawan ini, meskipun secara mengangan-angan bahwa group band ini sudah saya ketehui, jauh sebelum saya mengenal abah ini dan masih berada di kampung, di Magelang.

Seperti hari Kamis kemarin, ketika dengan tidak sengaja teman saya mengirim SMS lewat no telpon saya yang mengabarkan bahwa the Gembell's yang rencananya akan manggung bersama-sama Dewi Yul Tanggal 7 November 2009 di Balai Pemuda, malam ini akan manggung di rumah makan tempat kami pernah berkumpul dengan anggota the Gembel's yang lain, yaiotu di Makan Time, Resto Cafe di Jalan Dinoyo [ depan Univ. Petra ].
Kesempatan ini tidak saya sia-siakan, meskipun saya harus datang sendiri ke tempat itu, malam itu aku berharap bisa menyaksikan penampilan mereka secara langsung dan pertamanya bagi saya, sejak saya mengenal group band ini.

Sampai di tempat itu,saya menyaksikan terlebih dahulu home band,setelah satu lagu selesai akhirnya waktunya the Gembell's beraksi.
Saya malam itu ingin menyaksikan penampilan secara langsung membawakan lagu-lagu koleksi mereka, tatpi khususnya lagu BALADA KALIMAS yang benar-benar saya tunggu penampilannya.
Sebenarnya saya pribadi agak kecewa dengan personil Band yang bisa datang, karena saya sebelumnya telah mendapat informasi bahwa ada beberapa anggotan band yang tidak bisa datang, yaitu Minto, Jojok dan Rudi Anam,Anas Zaman entah mengapa mereka tidak bisa datang, tapi untuk abah Minto saya mendapat kabardari telepon yang saya hubungi, bahwa beliau tidak bisa hadir karena sedang ada acara yang tidak bisa ditinggalkan di Bali, dan abah berpesan agar saya bisa menikmati penampilan The Gembell's walau tidak ada saya.
Malam itu personil Gembell's yang manggung adalah : Victor Nasution, Pardi Ani, Bram dan seorang lagi yang memegang Bass, yang aku lupa namanya, dan ditambah dua personil lain yaitu penabuh drum dan pemegang organ.
Suasana resto malam itu sangat ramai, seperti biasanya ( kata temen saya ) kalau tiap hari Rabu dan Kamis, resto ini selalu ramai dikunjungi oleh para pengunjung yang rata-rata usianya diatas 40 tahun. karena pada hari itu resto melalyui home band nya akan menyajikan lagu-lagu oldiest.
Entah manggungnya The Gembell's itu diundang atau tidak, yang jelas malam itu adalah malam pertama sejak beberap tahun belakang sejak group band ini tidak pernah manggung lagi, seperti yang dikatakan oleh teman saya.
Menyaksikan penampilan mereka serasa kembali saya ingat akan jaman-jaman group band yang sangat legendaris yaitu Koes Plus, sebab hampir lagu-lagu yang dinyanyikan membawa suasana tempoe doeloe, yaitu ketika musik aliran beatles berkembang dan sangat populer pada tahun 70 an.
Pun seperti lagu-lagunya The Gembell's seperti Balada Kalimas 70, lagu yang sangat populer dan menjadin trade mark nya group band yang dikomandani oleh Victor Nasution ini, juga lagu-lagu lain yang mereka bawakan, hampir seluruhnya adalah memiliki alur yang sesuai dengan jaman waktu itu.
Malam itu mereka menampilkan 9 lagu, baik lagu sendiri maupun lagu milik orang lain, dan membuat malam itu benar-benar penonton yang hadir hanyut dalam kenangan lama, kenangan ketika group band ini memiliki nama yang tak asing lagi bagi para pengunjung saat itu.
dan inilah beberapa nomor lagu yang dibawakan :
1. Suropati Wiraguna
2. Balada Kalimas
3. Hey Dokter
4. No One..... ( milik : tele santana )
5. Bunga Lalang
6. Peristiwa Kali Lima
7. Singosari
8. Gila

Menikmati lagu-lagu milik mereka sendiri sungguh sudah menjadi obat bagi saya untuk sebuah klangenan, yang selama ini hanya mendengar saja tentang keberadaan dan kepopuleran sebuah group yang lahir di kota pahlawan itu, tapi malam itu saya bisa mendengarkan secara langsung, bahkan bisa kenal dekat dengan seorang pentolannya, Cak Victor Nasution.
Selamat untuk The Gembell's, semoga di kesempatan lain saya bisa bertemu secara uth personil-personilnya. dan Bravo Gembell's tetap jaya dan akan selalu berkarya!!!

8 komentar:

Ndoro Seten mengatakan...

the gembel mudah-mudahan sekarang tidak benar-benar nggembel to?

bayu mengatakan...

pakde ..dah terima surat cintaku.......

ilmu inspirasi air mengatakan...

klu bro bertemu dengan the gembels berarti bertemu teman lama yupz... btw, saya ga tau the gembels, lum lahir waktu the gembels lahir ^_^, tapi baca blogmu tentang the gembels sedikit mendapat share tentang musik bro...

Rafly mengatakan...

wah ingat masa remaja lho!! cak minto iku omahe lak ndik mburine gg jl.tunjungan sekolahe stm 45 ps turi.kapan yo reuni maneh?wah kalau ada info alamt personil nya bisa sowan .

Kang Eko mengatakan...

@Ilmu...: makasih udah berkunjung ke blog ini

@mas Rafly: kebetulan cak minto [abah minto ] memang aslinya di belakang bank swadesi Jl. tunjungan, lha kebetulan lagi masih sering ke situ dan saya bisa ketemu....
untuk personil yang lain saya begitu jelas...
btw. terima kasih udah mampir ke blog saya

Rafly mengatakan...

Mas Eko ... hebat lho!wong Magelang tapi mau menggali segala aspek budaya sejarah suroboyo,iku arane mas Eko kacang gak lali kulite...Aku tunggu artikle anyar ..tentang pelaku sejarah musik tempo doeloe suroboyo,koyok de hands,yeah2boys,ariesta bhirawa,aka/sas..sukses selalu

Ipung mengatakan...

koreksi mas Eko...
1. Makan Time yang di Dinoyo itu bukan depan UK Petra, kalau UK Petra itu di Siwalankerto..kl Dinoyo itu UWM (Universitas Widya Mandala)
2. Salah satu judul lagu The Gembels itu Surapati Wiranegara (bukan Surapati Wiraguna seperti yang sampeyan tulis)
3. Yang benar The Gembels singkatan dari Gemar Belajar
Semoga koreksi ini bisa memberikan tambahan wawasan kepada mas Eko dan para pembaca agar kembali lagi mau bersama2 nguri-uri apa saja yang jadi catatan perjalanan kota Sby dan bangsa Indonesia secara kreatif..

Kang Eko mengatakan...

terimaksih mas Ipung buat koreksinya..sayapun seperti mas Ipung, semoga apa yg kita tulis ini menjadi tambahan wawasan dan suatu bentuk "nguri-uri" dari sebuah group yg lahir dan manjadi bagian dari perjalanan kota Surabaya yang kita cintai ini.
salam hangat...

Posting Komentar