13 Februari 2008

Kebesaran pasar, Aku Merasakan

Pertama saya hijrah ke kota ini, yang pertama-tama menjadi tujuan saya ketika hunting sesuatu dan tempat paling favorit saat itu ada 2 yakni : Pasar Loak di Jl. Dupak dan Pasar Gembong di Jl. Gembong, dua tempat ini menjadi tujuan saya saat itu jika ingin mencari barang-barang apa saja yang diperlukan tentu dengan harga yang sangat miring, kita hanya berbekal ilmu kejelian pada barang dan tidak malu menawar, tentu akan mendapat barang dengan harga murah dan bagus.
Pasar ini sepuluh tahun yang lalu seingat saya, hanya menempati ruas Jl. Gembong, itu saja kalau pas hari-hari libur bisa dipastikan Jl. Gembong menjadi padat dan ramai, jadi hari tertentu saja jalan menjadi sedikit semrawut.
Namun belakangan, ketika saya sudah lama tak lagi rajin mengunjungi pasar ini dan melihat keadaan terakhir, sudah banyak perubahan, pasar ini tidak hanya menempati satu ruas jalan saja, tetapi sudah meluber sampai ke Jl. Kapasari, dan betul hari-hari disini jalan akan menjadi semrawut, padat dan tidak nyaman bagi pengguna jalan yang lain, trus ini akan menjadi pertanyaan besar bagi saya: mengapa bisa begini ? mungkinkah karena lapangan pekerjaan sulit didapat sehingga mereka memilih berwiraswasta dengan jualan ditempat itu atau munculnya para pedagang yang tak tertampung di sudut-2 formal maka, mereka lebih memilih berdagang dan salah satunya menempati pasar Gembong yang sudah kadung mapan itu, ....ah susah juga merunut persoalan ini.
Sekarang yang menjadi ganjalan saya, sebentar lagi pasar klangenan saya ini mulai Kamis 14 Februari 2008 mau tidak mau harus dibersihkan dengan dalih jalan sudah tidak berfungsi sebagai sarana transportasi, saya kaget bercampur kasihan tapi trus mau gimana lagi ? harapan saya kalau memang harus meniadakan pedagang dikawasan itu, ya mBok yao yang berwenang itu memberi ganti tempat yang baru, agar mereka tidak kehilangan pekerjaan dan mata pencahariannya, apa mereka juga merasakan kalau hidup ini sudah susah ya jangan ditambahi lagi susah. ah emboh wis edan tenan jaman iki !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar